Selamat Datang dan Tengkyu!

Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Senang bisa berinteraksi dengan Anda.

Mungkin dengan media ini lebih mudah bagi saya dan Anda berinteraksi lintas ruang dan waktu.

Siapa pun Anda, mari berbagi gagasan dan inspirasi!


b+
Nurhidayanto

Sabtu, 04 April 2009

Aisya ke Dokter

Demam hari ketiga Aisya. Minggu ketiga batuk-pileknya. Kayaknya kami memang harus membawa Aisya ke dokter favoritnya, dokter Kartika di JIH. Sekalian mungkin bisa sambil "terapi jalan-jalan". Slogan apotik K-24 'kan "hati yang gembira adalah obat"?
Seminggu yang lalu sebenarnya kami sudah ke dokter anak yang "lebih senior" - lha wong kata dokter JIH beliau ini adalah "gurunya dokter-dokter anak", je! Tapi kok belum mempan, ya? Mungkin karena kami belum mengikhlaskan sakitnya ini, kali. Tapi sekarang tidak boleh ditunda lagi. Ada kekhawatiran juga pada DBD. Lagi musim, sih.
...
Alhamdulillah, dokter meyakinkan kami bahwa batuknya masih wajar, "sebagai mekanisme pertahanan diri dari alergi". Panasnya muncul karena kemungkinan ada kuman atau virus yang masuk ketika tubuh sedang drop.
Anjurannya : perbanyak masuk cairan apa pun, entah berupa susu, madu, air putih, teh, sup, atau apa pun cairan. Jangan terlalu banyak manis karena merangsang batuk. Akumulasinya minimal 1500 cc/hari.
Selain itu, asupan kalori harus terus diusahakan, bagaimana pun caranya, walaupun sedang sulit kalau disuruh makan. Sedikit-sedikit tapi sering.
Kekhawatiran DB? Menurut dokter tidak ada. Gejalanya tidak menunjukkan DB. "Kalau DB seharusnya kelihatan seperti anak sakit berat," jelas dokter. Namun, jika kami ingin tenang, dipersilakan cek lab. Sekalian nanti hasilnya akan langsung dianalisa dokter.
...
Cek lab. Aisya tidak menangis ketika ujung jarnya ditoreh untuk ambil sampel darah.
Hasilnya 45 menit ditunggu.
...
Hasil lab berbicara... Alhamdulillah semua normal, bukan DB. Artinya diagnosa yang tadi benar semua.
Tinggal agenda kami melaksanakan juknis dari bu dokter. Yang paling menantang adalah mengajak Aisya makan.
Anda punya pengalaman untuk di-share?

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Bantul, DI. Yogyakarta, Indonesia
Saya percaya setiap orang hidup untuk sebuah misi, amanat dan titipan Tuhan. Saya memiliki impian terbaik untuk orang-orang yang saya cintai, dan ingin meraih impian saya dengan membantu sesama menggapai impiannya. Mari berbagi.